kLAfYOEsUwKWcZE5EN4T8XHN0KE0jykePDkZX1nb
5 Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Hp Android Lemot dan Cara Mengatasinya

Sekarang ini banyak orang yang semakin nyaman dengan smartphone terkini karena perangkat smartphone di desain sedemikian rupa agar dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Dapat mengabadikan foto dangan kualitas yang semakin bagus dan kekinian , bila lagi bad mood kita bisa menonton video atau bisa juga bermain macam-macam game. Bukan hanya update status atau chatting di sosial media.

Dengan banyaknya kegunaan dan manfaat itu, terkadang pengguna jadi kelewatan sehingga meraka mengeluh dengan smartphone nya yang lemot. Nah, apasih penyebab smartphone menjadi lemot dan tips apa untuk mengatasinya?

Penyebab Smartphone Jadi Lemot dan Solusi Mengatasinya

Meskipun smartphone android sekarang banyak yang sudah dibekali dengan spek yang lebih tinggi dan juga RAM besar, tetapi masih ada saja nih yang mengeluhkan kinerja pada smartphone yang tiba-tiba menjadi lemot dan berat. Apakah Hp Android memang segampang itu lemot, atau bisa jadi ada beberapa faktor lain yang mengakibatkan smartphone menjadi lemot? Tentu saja ada. Nah lhoo penasarankan, kalian bisa langsung simak dibawah ini beberapa hal yang dapat mengakibatkan smartphone jadi lemot banget dan tips mengatasinya.

1. Dipaksa Bekerja Melewati Batas Kemampuan

Hp sama hal nya manusia lhoo, yang memiliki batasan dalam bekerja. Menjalankan sebuah program secara berlebihan di spesifikasi smartphone kamu, ini salah satu penyebab smartphone menjadi lambat karena aplikasi dan spek tidak mendukung.

Misalnya nih, kamu mempuyai smartphone dengan spek RAM 1GB, yang digunakan untuk bermain game yang memiliki spek minim pada game tersebut RAM 1GB. Nah, ini sudah pasti akan menjadikan smartphone kamu menjadi lemot karena semua memori dipakai untuk menjalankan program tersebut, padahal masih ada beberapa program lain yang wajib dijalankan dan membutuhkan memori yang cukup lega. Yaitu seperti sistem UI android.

Selain masalah spesifikasi yang tidak mendukung, ada hal lain yang harus kamu perhatikan yaitu tidak membiasakan terus-menerus membuka aplikasi berat sacara bersamaan. Misalnya nih, seperti game kelas berat yang dibuka bersamaan dengan aplikasi berat lainnya. Karena hal tersebut akan merubah smartphone menjadi berat dan lemot.

2. Cache yang Menumpuk


Cache pada dasarnya bisa berguna untuk smartphone supaya mempercepat mengakses aplikasi di kemudian hari, akan tetapi jika file cache dibiarkan menumpuk berhari-hari lamanya, ini akan membuat kinerja pada smartphone menjadi lemot juga karena kapasitas pada memori penyimpanan smartphone semakin sesak atau habis dimakan cache itu.

Jadi biasakan untuk Clear Cache secara rutin lewat menu Setting -Storage untuk membersihkan file tersebut dari memori smartphone kamu.

3. Memori Internal Penuh

Dampak dari cache yang menumpuk adalah memori intenal jadi penuh. Karena penuh, kamu tidak akan bisa sesuka hati membuka aplikasi seperti biasanya.

Di saat memori internal sesak, aplikasi lain yang ada pada smartphone akan susah untuk menyimpan data-data yang dibutuhkan aplikasi, sehingga ini mengakibatkan lemot pada perangkat smartphone.

Tips biar memori internal smartpone tidak cepat penuh, hapuslah beberapa aplikasi yang menurutmu kamu tidak digunakan,. Serta manfaatkan slot tambahan untuk menambah penyimpanan ekternal dengan MicroSD untuk menyimpan berbagai macam file yang bisa di pindahkan seperti foto, video, musik dan lain sebagainnya.

4. Banyak Aplikasi di Background


Sekarang ini smartphone android banyak fitur-fitur menarik untuk penggunanya salah satunya yang paling umum adalah multitasking pada smartphone android yang di mana dengan mudah kita bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sudah pernah kita buka melalui Recent Apps. Tetapi resikonya RAM smartphone akan terkonsumsi banyak.

Semakin banyak kamu menumpuk aplikasi di Recent Apps, semakin banyak pula RAM yang dikonsumsi oleh aplikasi itu yang berjalan di bakcground. Jadi tutup aplikasi yang berjalan di Background tersebut supaya RAM lebih lega dan smartphone tidak lemot.

5. Software Tertinggal


Untuk penyebab terakhir, itu bisa dari pembaruan aplikasi dari pengembang. Yaitu versi aplikasi atau software yang terinstal pada smartphone sudah lama dan mungkin beberapa aplikasi tidak berjalan dengan baik dikarenakan kamu memakai versi lama.

Bukan hanya aplikasi lama saja yang menjadi penyebabnya, bisa juga karena di sistem operasi. Selalu rutin cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru supaya smartphone kamu berjalan dengan baik dan tidak mengalami kendala.

*****
Itulah beberapa penyebab versi yuuari.com, samrtphone lemot dan cara menanganinya. Di antara 5 penyebab diatas manakah yang sering kamu abaikan? Semoga artikel kali bisa menjadi solusi buat kalian semua dan selamat mencoba.
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Iklan Tengah Post