Skip to main content
YUUARI

follow us

Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Saat Berbuka Puasa Beserta Artinya

Ibadah puasa ramadhan sebentar lagi akan tiba dan di jalankan oleh beberapa orang muslim yang ada di seluruh dunia. Berpuasa pada bulan puasa ramadhan bagi orang muslim itu hukumnya wajib [harus dikerjakan] dan puasa termasuk rukun islam keempat.

Sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Baqarah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183)

Marilah kita semua untuk menyambut kedatangan bulan suci ramadhan dengan rasa sangat bersyukur kepada Allah SWT, dimana kita masih di berikan umur panjang dan kesempatan untuk berjumpa lagi pada bulan yang penuh berkah dan suci serta kemuliaan ini.

Bulan yang dimana pertama kalinya di turunkan kitab suci Al-Quran Nul karim dan terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar. Bulan yang penuh maghfiroh dimana di bukanya pintu surga yang seluas-luasnya selebar-lebarnya dan ampunan dari pencipta kita bumi dan langit, Allah SWT atas segala perbuatan dosa yang pernah kita lakukan pada massa lalu, Amin ya robbal alamin.

Pahala ibadah puasa di bulan ramadhan

Begitu sangat bersar hikmah pada bulan puasa ramadhan, dimana Allah SWT akan melipat gandakan seluruh amal perbuatan kita pada bulan ramadhan sesuai dengan dikutip oleh Hadits Riwayat Imam Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151, antara lain :

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

Berikut doa niat berpuasa dan berbuka puasa di bulan ramadhan

Doa Niat Puasa Ramadhan

Mengucap niat puasa sebelum menjalankan hukumnya ialah wajib.

Berikut lafadz doa niat puasa Ramadhan :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN 'AN ADAA'I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA'ALA

Artinya : 
Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Kita bisa membaca doa niatan berpuasa sesudah terawih atau sebelum waktu imsak tiba.

Doa Buka Puasa

Setelah kita menjalankan puasa seharian penuh yang menahan hawa nafsu, makan dan minum yang membatalkan puasa, saat tiba waktu azan mahgrib, kita di sunatkan untuk segera berbuka puasa

Berikut lafadz doa berbuka puasa :

للّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ 

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya : 
Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Mari kita niatkan dalam hati yang tulus untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan pada tahun ini, karena umur pada manusia tidak ada yang tahu, kita belum pasti apakah akan diberikan kesempatan lagi oleh Allah SWT untuk bertemu lagi di bulan puasa di tahun berikutnya.

Ayoo kita sentiasa untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Semoga amal ibadah puasa kita tahun ini diterima dan diberi ganjaran setimpal oleh Allah SWT.

Yang paling peting doa niat puasa ramadhan tersebut semata-mata ditujukan kepada Allah SWT. Sesuai janji Allah SWT, bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa akan mendapatkan dua kebajikan yaitu kebahagiaan saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat bertemu dengan Allah SWT, Tuhan pemilik semesta alam.

You Might Also Like:

Comment Policy: Tinggalkan jejak tuliskan anda di komentar yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang terdapat link tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar